1000 Hari Pertama Perlindungan Untuk Tumbuh Kembang.

Minggu lalu dalam acara ‘The Moms Gathering’ yang diselenggarakan Sleek Baby, saya kembali mendapat pengetahuan dari ahlinya, kali ini pengetahuan yang saya dapat diberikan oleh dr. Reza Abdussalam, SpA. Ibu-ibu pasti pernah  mendengar  ‘Golden Moment’ kan ya? … ya betul, ini adalah 1000 hari pertama pada anak dimana masa ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

#1000HariPerlindunganPerlindungan #SleekBabyAlamiMelindungi
Foto bersama dr. Reza Abdussalam, SpA (Brawijaya Hospital, Antasari), Tanya Larasati (Mom Influencer) dan Lidwina Natalia (Brand Manager Sleek Baby)

Kini kutau lebih spesifik, rupanya 1000 hari pertama ini terhitung sejak bayi dalam kandungan. Dimana 280 hari  (pre-natal) bayi dalam kandungan adalah masa pembentukan otak anak. Dilanjutkan 180 hari (pasca-natal, 0-6 bulan) ketika bayi lahir dan menyusu secara eksklusif selama 6 bulan dan diikuti 540 hari (pasca-natal, 6 bulan-2 tahun)  dimana bayi mulai diperkenalkan dengan MPASI (makanan pendukung asi) dan secara bertahap akan menuju ke makanan padat pastinya. Pada pasca-natal ini secara bertahap seluruh organ penting dan sistem tubuh mulai  terbentuk dengan pesat. Dimulai dengan saluran pencernaan, perkembangan organ metabolik, perkembangan kognitif (perkembangan otak), pertumbuhan fisik (menghindari stagnan) dan kematangan sistem imun. Kesemuanya dapat terpenuhi dengan nutrisi yang cukup dan baik dari selama ibu mengandung sampai dengan bayi lahir dan mulai belajar makan.

Nah disinilah yang perlu  diperhatikan bahwa rangkaian sinaps otak (sel otak yang terhubung) berkembang dengan dibantu stimulasi serta nutrisi untuk pematangan dan pembentukan sel-sel otak itu sendiri. Dengan adanya stimulasi serta nutrisi yang ibu berikan kepada bayinya kesemuanya dapat berkembang secara optimal. Stimulus dan nutrisi pun harus terjaga higienitasnya, karena akan memberikan dampak bagi sang anak.

 Nutrisi

Nutrisi merupakan sumber energi bagi tubuh apalagi di 1000 hari pertama anak, dengan nutrisi yang cukup fungsi tubuh dapat terjaga dan mempengaruhi tumbuh kembangnya. Selama 1000 hari pertama nutrisi yang perlu diberikan :

  1. Inisiasi menyusui dini (memberikan IMD)
  2. ASI eksklusif selama 6 bulan
  3. Memberikan MPASI ( setelah 6 bulan ) dengan kandungan nutrisi yang cukup dan seimbang.

Asupan yang dibutuhkan dalam memberikan nutrisi yaitu makanan yang mengandung DHA, AA, Zat Besi, Taurin, Choline dan Zinc. Perlu diingat setelah anak memasuki usia 6 bulan menuju 2 tahun kebutuhan nutrisi bertambah seiring perkembangan sang anak, jadi perlu sekali memenuhi nutrisi ini dari bahan makanan anak. Serta pastikan kebersihan bahan makanan dan alat makan berikut perlengkapannya.

Stimulus

Ibu adalah orang  yang tepat memperkenalkan stimulus kepada anaknya, dengan melakukan kegiatan bersama-sama. Yang perlu diingat berikanlah stimulus untuk otak kiri agar motorik halus anak terasah seperti bicara, membaca, menulis, daya ingat sampai dengan kecerdasan lain.

Selanjutnya stimulus untuk otak kanan agar motorik kasarnya berkembang seperti pengendalian diri, pengenalan lingkungan dan mengajarkan sifat-sifat yang perlu dipahami anak, serta mengembangkan ke kreatifan dan produktivitas anak.

Dan untuk mendukung kenyamanan anak selama kegiatan memberikan stimulus dilakukan yaitu dengan memakaikan pakaian yang nyaman, juga menjaga area sensitif anak agar tidak menimbulkan iritasi.

Higienitas

Seperti yang saya ceritakan diawal, baik nutrisi dan stimulus yang diberikan ibu ke anak harus terjaga kebersihannya. Dimulai dari lingkungan anak yang ibu jaga kebersihannya sampai dengan sang anak yang nantinya akan mampu menjaga kebersihan dirinya sendiri. Memperkenalkan kebersihan lebih awal ke anak adalah proses, saya juga melakukan ini kepada putri saya dengan tujuan memperkenalkan kegitan menjaga kebersihan diri sedini mungkin agar pengulangan  yang  terus menerus menjadi kebiasaan yang baik .

Akhir kata dr. Reza menyampaikan untuk menjadikan anak sehat dan cerdas, 1000 hari pertama inilah masa terbaik untuk  tumbuh dan kembang anak. Memberikan nutrisi dan stimulus akan menjadi faktor penunjangnya yang  perlu di pantau oleh ibu karena dalam prosesnya penting sekali menjaga higienitasnya. Karena jika higienitas ini tidak terjaga dapat mempengaruhi daya tahan tubuh dan metabolisme sehingga dapat menghambat pertumbuhan.

Sleek Baby

Pertama kali diriku berjumpa Sleek Baby ketika diriku harus menyetok ASI, kegiatan mencuci botol pumping juga adengan steril botol sudah hatam selama setahun lebih ketika putri saya lahir. Ketika mencari produk-produk bayi hanya Sleek yang hadir disana dengan Sleek Baby Bottle, Nipple and Accessories Cleanser dan tanpa ragu menjadi andalan setiap adengan mencuci botol keperluan si kecil.

Lidwina Natalia, Brand Manager Sleek Baby yang hadir pada saat itu juga memperkenalkan produk Sleek Baby. Dimulai dari perlindungan terhadap higienitas;

Sleek baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser

Sleek Baby Laundry Detergent

Sleek Baby 2 in 1 Hair & Body Foamy Wash

Selanjutnya perlindungan terhadap stimulasi. Memberikan stimulasi motorik pada anak pasti membuat anak aktif bergerak untuk menghindari iritasi akibat anak yang aktif bergerak maka inilah perlindungan stimulasi yang diberikan oleh Sleek baby;

Sleek Baby Diaper Cream

Foamy Hand Wash

Tidak hanya itu Lidwina pun menambahkan, dengan memposting foto ibu yang sedang menggunakan salah satu produk perlindungan Sleek Baby sama dengan membantu memberikan satu perlindungan untuk anak di kecamatan penjaringan.Hatiku jadi tergerak ingin memberi #1000hariperlindungan untuk 1000 anak di kecamatan Penjaringan, kapan lagi bisa membatu dengan cara yang menyenangkan. Yuk kita ramaikan!!.

Jangan lupa ya

  1. Posting foto dengan salah satu produk perlindungan Sleek Baby
  2. Sertakan pesan perlindungan
  3. Mention ke @sleekbaby_id
  4. Berikan hashtag #1000hariperlindungan dan #sleekbabyalamimelindungi

Nah…..

Seperti janji saya dipostingan ini ⤵️ ⤵️ ⤵️

Instagram Rry Rivano

Saya akan berbagi bonus video stimulus yang telah dishare kepada kami oleh Ganara.art space. Sneak peeknya disini yaa… ⤵️

lengkapnya bisa langsung ke Rry Rivano Channel 📺 😘😘

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s