Kehebatan Perut Sehat

Hallo.. hallo…

Sebagai ibu kehidupan saya dalam mengasuh si buah hati sungguh berwarna, mulai dari memperhatikan kebutuhan anak dari bayi hingga anak kicik bisa jungkir balik kaya sekarang. Ada saat-saat dimana anak ini aktif ga ketulungan sampai buat saya kelimpungan, ada saatnya juga anak lemes, sakit, hanya boboan dan itu bikin saya ikutan pusing, cemas ga karuan.

Mulai dari bayi, kebutuhan saya untuk mengetahui kondisi anak adalah melalui apa yang dikeluarkan anak melalui ‘pup’nya. Karena bagi saya ini salah satu bentuk mengetahui kondisi bayi. Bahkan saya sampai mencari tahu informasi  warna, tekstur, banyak atau sedikitnya ‘pup’ untuk mengetahui kondisi bayi kala itu. Namun seiring jalannya waktu ketika anak yang dulu bayi namun sekarang sudah tidak bayi lagi, membuat perhatian saya menjadi berkurang akan hal ini.

Sehingga saya perlu merecall kembali ilmu ini 😌

Memahami Pentingnya Kesehatan Saluran Cerna

Saluran Cerna Anak
Sumber: Badan Penerbit IDAI, Keunikan Saluran Cerna Anak, Badriul Hegar

 

Kita tahu dong, namanya pencernaan dimulai dari proses mengunyah dengan dibantu enzim pencernaan, lalu makanan ditelan, masuk ke kerongkongan, menuju lambung, usus halus dan usus besar. Dalam proses pencernaan yang melibatkan hormon dan enzim terjadi dilambung, usus halus dan usus besar. Dimana penyerapan bahan makanan/ nutrisi berlangsung di dalam usus halus, sedangkan penyerapan air terjadi di dalam usus besar. Di usus besar juga berlangsung proses frementasi bahan makanan yang tidak terserap di dalam usus halus yang menghasilkan energi dan asam lemak.

😆😆😆😆 pasti ada yang bilang,

 “ummm…kok kaya kembali ke pelajaran biologi ya?”

yah memang.

Pastinya dengan adanya proses pencernaan ini membuat tubuh mendapatkan kebutuhannya melalui proses penyerapan makanan. Tubuh akan mendapatkan kalori untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhannya, karbohidrat, protein, lemak dan serangkaian proses penyerapan yang menghasilkan nutrisi untuk dialirkan di dalam darah dan disebarkan ke seluruh tubuh.

Siapa yang mulai.. geleng-geleng? Iyah, memang luar biasa proses ini 😉

Setelah itu pastinya proses pembuangan, buang air besar (BAB). Nah waktu Juan masih bayi saya tuh peduli banget loh.. tapi sekarang cenderung biasa aja, karena si kecil sudah bisa menyampaikan apa yang dia dirasakan. Jadiii… seperti skip sama bagian ini. Padahal sampai tua pun pola BAB tetap akan jadi salah satu indikasi jika tubuh kita mengalami gangguan pencernaan.

Jeng…jeng…jeng..

Lalu mengapa diriku meceritakan ini? Karena dengan menjaga asupan yang diterima akan memberikan kebaikan bagi saluran pencernaan sehingga Kehebatan Perut Sehat akan dirasakan si kecil. Dan rupanya adanya penelitian yang dilakukan pada proses pencernaan ini menunjukan bahwa saluran cerna yang sehat dapat memberikan 7 kehebatan.

Pencernaan Nyaman

Perasaan yang ditimbulkan karena pencernaan nyaman ini adalah sesungguhnya rasa nyaman yang dirasakan si kecil. Ini meliputi, fungsi pencernaan yang baik, makanan yang diserap dengan baik, pertahanan tubuh, hingga toleransi terhadap makanan yang dikonsumsi.

Beberapa waktu lalu Juan pernah menyampaikan kepada saya kalau perutnya terasa tidak nyaman, Juan pun jadi lesu tidak ingin berkativitas. Rupanya ketidaknyaman pada pencernaan dapat dimanifestasikan dalam kondisi anak menjadi rewel, menangis, muntah atau gangguan defekasi (BAB).

Penyerapan Nutrisi

Kemampuan saluran pencernaan dalam menyerap kebutuhannya dari makanan pasti memberikan si kecil perkembangan yang optimal. Dan proses penyerapan makanan ini membutuhkan banyak enzim-enzim dalam prosesnya agar mampu mencerna karbohidrat & lemak, juga memecah protein menjadi asam amino, memecah lemak menjadi nutrisi dan keduanya dialirkan dalam darah.

Pencernaan Lancar

Salah satu tanda pencernaan lancar adalah anak memiliki pola buang air besar (BAB) yang sesuai dengan usianya dan juga perlu mendapat perhatian yaitu kondisi feses mulai dari frekuensi, konsistensi dan warnanya. Faktor organik seperti fungsi organ dan sistem saraf ditambah pola makan dan usia anak, semua ini akan mempengaruhi pola BAB si kecil.

Membiasakan anak mengkonsumsi cukup serat umumnya menyebabkan frekuensi BAB yang lebih sering dan konsistensi feses yang lebih lunak dibanding anak dengan pola makan kurang mengandung serat.

Perlindungan Alami

Nah ini nih yang luar biasa dari pencernaan yaitu memberikan pertahanan tubuh. Dimana 70% sel daya tahan tubuh terdapat pada saluran pencernaan dan fungsinya dipengaruhi makanan dan mikroorganisme dalam saluran cerna. Sebagai perlindungan alami dalam melindungi anak dari kerusakan yang ditimbulkan dari luar tubuh seperti bakteri, virus dan parasit. Sedangkan dari dalam tubuh seperti kanker dan penyakit autoimun.

Selanjutnya yang diriku baru tahu, rupanya perlindungan alami ini bahkan dapat membedakan zat yang berasal dari tubuhnya sendiri atau benda asing, sehingga anak tebih toleran terhadap berbagai jenis makanan dan kebal terhadap penyakit.

Tumbuh Kembang Optimal

Ini kayanya saya ga bosen-bosen cerita deh, dimasa 1000 hari kehidupan, saluran cerna yang sehat pada awal kehidupan akan menjadi landasan pertumbuhan. Dan sudah diriku ceritakan dari awal juga bahwa dengan pencernaan yang sehat otomatis akan mampu mencerna dan menyerap nutrisi-nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan melindungi anak dari infeksi maka saluran cerna juga mampu berinteraksi dengan otak sehingga anak tidak saja sehat tetapi menimbulkan kondisi nyaman.

Cepat Tanggap

Kalau saluran cerna dikatakan sebagai “otak kedua” bukan tanpa alasan, karena sistem saraf pada saluran cerna banyak sekali. Keterlibatan saluran cerna terhadap perkembangan otak banyak dikaji oleh para ahli terutama dikaitkan dengan peran microflora baik ( Bifidobacteria dan atau Lactobacillus) di dalam saluran cerna dalam memetabolisme makanan yang dikonsumsi anak.

Mikroflora baik yang berada pada saluran cerna dapat mempengaruhi sistem saraf untuk melepaskan neurotransmitter yang memberikan sinyal ke otak. Jumlah neurotransmiter ini yang akan mempengaruhi kecepatan otak dalam merespon rangsangan yang diterima.

Menjaga Susasana Hati

Baru tau lagi nih diriku, rupanyaaa.. 95% hormon serotonin ditemukan dalam saluran cerna. Hormon serotonin adalah neurotransmitter utama yang dihasilkan saluran cerna, sehingga otak akan mendapat sinyal untuk mengatur suasana hati, selera makan, tidur dan daya ingat. Lalu microflora pada saluran cerna juga dapat mempengaruhi pengiriman sinyal dari saluran cerna ke otak sehingga dapat mempengaruhi kondisi mental, emosional dan kognitif.

Wow.. ga nyangka tujuh kehebatan perut sehat ini membawa dampak yang baik banget untuk tubuh, tapii.. kalau tergangu gimana? Sebelum terganggu aku kasih tau kebaikan ini aja yaa…

Bebelac Gold

Rry Rivano

Yang menjadi perhatian saya ketika berbicara saluran pencernaan adalah jika anak mengalami gangguan yang dirasakan pada perutnya namun tidak bisa dijelaskan sampai dengan kesulitan BAB. Sehingga saya merasa kebutuhan serat pada menu makan anak selalu menjadi prioritas.

Serat bisa di dapatkan dari buah, sayur, kacang-kacangan, padi-padian, agar-agar, dan gandum. Dalam pertumbuhan Juan bukan hal yang mudah bisa memperkenalkan jenis makanan berserat ini. Namun pelan-pelan tetap saya perkenalkan dan untuk menyeimbangkan kebutuhan serat yang saya rasa belum optimal ini, saya memilih Bebelac Gold untuk membantu memenuhi kebutuhan seratnya.

Bebelac Gold kini hadir diperkaya dengan Tinggi Serat dan dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian si kecil. Seperti yang diriku cerita diatas tentang tujuh kehebatan perut sehat, dengan kebutuhan serat yang cukup dapat membantu saluran pencernaan memberikan manfaatnya. Tidak main-main kandungan serat dalam Bebelac Gold sampai dengan 2.4gr lebih banyak dari produk lain.

Harapan saya ga muluk-muluk kok… karena dengan kebutuhan serat yang cukup juga menu makan yang berimbang si kecil bisa mendapatkan #7KehebatanPerutSehat yang luoveee sekali kebaikannya untuk si kecil #GrowThemGreat

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s